Candra Kirana

hy smua… lewat blog ini w mau berbagi pengetahuan sama kalian semua… semoga pengetahuan yang saya bagikan di blog ini, bermanfaat bwat kalian.. ^.^

Manfaat biji kurma untuk Kesehatan

biji kurmaSaat bulan ramadhan, buah kurma termasuk salah satu cemilan wajib saat berbuka. Tahukah Anda bahwa ternyata bukan hanya daging buahnya saja yang kaya nutrisi, biji kurma juga kaya nutrisi dan bermanfaat untuk kesehatan. Sayangnya masih banyak orang yang belum menyadarinya sehingga biji kurma hanya berakhir di tempat sampah.

Kandungan nutrisi Biji Kurma

Biji kurma kaya akan kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, diantaranya : protein, karbohidrat, Air, lemak, serat alami, dan mineral penting, diantaranya : kalsium, natrium, magnesium, besi, mangan, zinc, cuprum, nikel, cadmium dan cobalt. Selain itu, biji kurma juga kaya antioksidan yang berfungsi membentengi tubuh dari serangan radikal bebas.

Manfaat biji Kurma Untuk Kesehatan

Beragam kandungan nutrisi yang terdapat dalam biji kurma diatas membuat biji kurma bagus untuk menjaga kesehatan dan menangkal beragam penyakit berbahaya, diantaranya:
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Kandungan kalsium, magnesium dan mineral penting lainnya dalam biji kurma sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat serta menjaga dari masalah kesehatan tulang, misalnya : osteoporosis.
  • Melancarkan pencernaan
Kandungan serat dalam biji kurma membuatnya ampuh membantu mengatasi masalah pencernaan, misalnya : sembelit, susah buang air besar, dan lain sebagainya.
  • Mencegah dan mengatasi anemia
Biji kurma kaya akan zat besi, sehingga bagus untuk membantu mencegah dan mengatasi anemia.
  • Menyehatkan jantung
Kandungan antioksidan dalam biji kurma membantu menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan magnesiumnya juga berkhasiat melenturkan pembuluh darah dan mengurangi timbunan lemak pada dinding pembuluh darah
Selain beberapa manfaat diatas, masih banyak manfaat lain dari mengonsumsi biji kurma, diantaranya : menambah energi, meringankan penyakit diabetes, mengendorkan syaraf yang tegang, menyegarkan badan, melancarkan peredaran darah, mengatasi darah tinggi, dan lain sebagainya.

Alternatif pengganti Kopi

Jika Anda termasuk penggemar kopi, pasti tidak lengkap rasanya jika sehari saja tanpa kopi. Padahal kopi mengandung kafein yang apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan tukak lambung, jantung berdebar-debar, dan meningkatkan risiko hipertensi dan stroke. Berbahaya sekali bukan? Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati minuman dari biji kurma yang aman dan menyehatkan.

Cara Menikmati Biji Kurma sebagai pengganti Kopi

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari biji kurma, Anda bisa memanfaatkannya sebagai minuman kopi. Caranya : jemur biji kurma hingga kering, sangrai hingga matang dan harum, kemudian haluskan. Anda bisa menyeduhnya bersama gula sebagaimana minum kopi seperti biasa. Mudah khan? Semoga informasi tentang manfaat biji kurma untuk kesehatan diaats dapat bermanfaat bagi kita semua.

Filed under: Kesehatan,

2 Responses

  1. Obat Kuat Pria Alami mengatakan:

    nah … biji kurma kaya akan manfaatnya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awali dengan bismillah.. ^_^

Religious Myspace Comments
Hello! Myspace Comments
Friends Myspace Comments
Zodiac Myspace Comments

Kalender

Juli 2015
S S R K J S M
« Nov   Agu »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Tentang

Thank You Myspace Comments
Broken Heart Myspace Comments